Fungsi dan cara kerjan Thermistor

Fungsi dan cara kerjan Thermistor - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Fungsi dan cara kerjan Thermistor, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Fungsi dan cara kerjan Thermistor
Judul lagu : Fungsi dan cara kerjan Thermistor

lihat juga


Fungsi dan cara kerjan Thermistor

Fungsi Thermistor/Termis Pada Ac Split

 Thermistor


Thermistor (termis) adalah sebuah alat pada Ac yang berfungsi sebagai pengatur suhu/temperatur ruangan. Thermistor terbuat dari bahan semi konduktor dan memiliki berbagai bentuk. Pada Ac split Thermistor biasanya berbentuk kapsul dengan warna hitam,kuning atau silver dan tersambung dengan dua buah kabel. Pada Ac split biasanya terdapat 2 termistor, satu thermistor terpasang pada evaporator sedang yang satunya terpasang pada pipa pipa evaporator. Thermistor pada pipa evaporator berfungsi mengukur sugu pipa evaporator sedangkan yang alin berfungsi sebagai pengukur suhu ruangan.

Selain untuk mengukur suhu ruangan fungsi dari Thermistor adalah untuk memutus arus listrik pada outdoor unit. Jadi apabila suhu/temperatur ruangan sudah sesuai dengan setting remot maka secara otomatis mesin outdoor akan berhenti bekerja, hal itu terjadi karena Thermistor memutus arus listrik pada outdoor unit. Pemutusan arus hanya terjadi pada outdoor unit, jadi indor unit tetap bekerja/nyala. Sebaliknya jika suhu ruangan sudah tidak sesuai pada setting remot maka termis akan kembali menyambung arus listrik sehingga mesin Ac/outdoor akan kembali nyala atau bekerja guna mendinginkan suhu ruangan. Simpelnya Thermistor ini bisa dikatakan saklar otomatis.

Cara mengecek Thermistor

Untuk mengetahui Thermistor rusak atau tidak dalah dengan cara mengukurnya. Memeriksa dengan menggunakan Multitester kemudian melihat nilai (ohm) transducer stabil pada suhu kamar dan menurun bila ujung transducer dipanaskan. Thermistor pada umumnya memiliki perubahan besar dalam hambatan per derajat. Suhu terbaik untuk menguji Thermistor adalah ketika Termis terhubung pada controller.

Cara pengecekan lainya adalah dengan mengukur Thermistor menggunakan multitester pada skala kilo ohm. Jika perubahan tahanan (ohm) tidak terhingga atau tidak ada tahanan sama sekali, berarti Thermistor dalam keadaan rusak.

Semoga tips kali ini bermanfaat


Untuk service Ac atau perbaikan Ac dan peralatan Elecronic lainnya silahkan hubungi 0812 8178 6327. Trimakasih


Demikianlah Artikel Fungsi dan cara kerjan Thermistor

Sekian Kunci gitar Fungsi dan cara kerjan Thermistor, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Fungsi dan cara kerjan Thermistor dan artikel ini url permalinknya adalah https://serviceacbsdpamulang.blogspot.com/2016/11/fungsi-dan-cara-kerjan-thermistor.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Fungsi dan cara kerjan Thermistor"

Post a Comment